Thursday, April 16, 2020

Sejarah Unik Brand Polo

Sejarah polo shirt bermula dari penemuan baju olahraga tenis dengan kerah dan blacket berkancing. Kaos wangki sering menjadi sebutan untuk polo shirt tersebut. Walaupun baju itu bernama polo, Akan tetapi sejarah baju polo bermula dari olahraga tenis.

Kaos polo adalah bentuk kemeja dengan kerah, garis leher rok dengan tiga kancing, dan saku opsional. Polo shirt biasanya berlengan pendek; mereka awalnya digunakan oleh pemain polo selama tahun 1920-an.

Biasa nya polo shirt berbahan kain rajutan yang berasal dari bahan katun dan ada campuran poliester sebagian dari beberapa model yang berbeda.

Sejarah polo shirt pada olahraga tenis

Pada abad -19 dan awal abad ke -20, Pemain tenis umumnya menggunakan baju putih berlengan panjang dengan kancing dibagian atasnya (dikenakan dengan bagian lengan digulung), Celana fannel dan dasi. pakaian ini menimbulkan masalah dari segi kemudahan bermain dan kenyamanan.


Sharapova

Juara petenis yang meraih 7 kali grand slam, Rene lacoste, Merasakan bahwa kekakuan pakaian tenis sangat tidak praktis dan tidak nyaman. dia merancang kaos lengan putih pendek berbahan katun pique rajut yang lentur (jersey petit pique) dengan kerah yang menjulur tidak kaku, placket berkancing dan ujung baju bagian belakang lebih panjang dar pada depan  (sekarang dikenal dengan istillah  ''tenis tail'') 



Jean René Lacoste adalah pemain tenis dan pebisnis Prancis. Dia dijuluki "Buaya" karena cara dia berurusan dengan lawan-lawannya; ia juga dikenal di seluruh dunia sebagai pencipta kemeja tenis Lacoste, yang ia perkenalkan pada tahun 1929.



Sejarah polo shirt pada olahraga polo

Sebelum tahun1933, pemain polo mengenakan kaos tebal berlengan panjang yang terbuat dari kain katun Oxford. Kaos ini merupakan yang pertama memiliki kerah berkancing, dimana pemain polo menemukan nya pada akhir abad ke-19 untuk menjaga kerah terkibas angin. 

Hal ini disadari oleh john brooks (presiden pertama brooks brother's) ketika pertandingan polo di inggris dan mulai memproduksi kaos pada tahun 1896, brooks brothers masih memproduksi polo shirt bergaya kerah berkancing sampai sekarang. Akan tetapi seperti pakaian tenis pada awalnya, Pakaian ini pun menghadirkan ketidak nyamanan di lapangan. ketika pemain polo menyadari penemuan dari lacoste pada tahun 1930-an. mereka mengadopsinya untuk digunakan dalam olahraga polo.

pada tahun 1920. lewis lacey (orang kanada yang lahir dari orang tua berkebangsaan inggris di montreal, quebec pada tahun 1887) seorang penjual pakaian dan pemain polo mulai memproduksi pakaian dengan bordir logo pemain polo. desain tersebut berasal dari hulingham polo club dekat buenos aires.

Lewis Lacey
Desain olahraga polo tampak depan

Semoga Bermanfaat.

1 comment:

Featured Post

Sejarah Unik Brand Polo

Sejarah polo shirt bermula dari penemuan baju olahraga tenis dengan kerah dan blacket berkancing. Kaos wangki sering menjadi sebutan untuk p...